Cerita Dari Gagal SNMPTN Undangan Hingga Lulus SNMPTN Tulis

Cerita Dari Gagal SNMPTN Undangan Hingga Lulus SNMPTN Tulis – Merupakan Update Postingan Info-Kita.net yang kali ini akan berbagi Informasi Terbaru di blog sederhana dan sesederhana apa adanya yang beralamatkan di Info-Kita.net tentang Artikel Cerita Dari Gagal SNMPTN Undangan Hingga Lulus SNMPTN Tulis

Oleh :

Pandu Prasetyo Santosa

Beberapa hari setelah kegagalan gw di SNMPTN Undangan 2012, gw tadinya
sudah memutuskan untuk masuk universitas swasta aja, soalnya gw sudah
pasrah dan sudah tidak ada niat untuk ke universitas negeri. Dimulai
dari tanggal 28 Mei 2012, pengumuman SNMPTN gw gagal dengan telaknya
yaitu tidak diterima di UIN Jakarta dan UNJ fakultas Psikologi maupun
Manajemen.

Gw sudah menyerah saat itu. Tanggal 7 Juni 2012 gw putuskan daftar di
Universitas Mercubuana dan gw kaget karena diadakan testnya tepat
tanggal 9 Juni 2012. Tapi sebelum itu, gw juga sudah daftar di SNMPTN
Tulis karena disuruh orang tua gw saat SNMPTN Undangan gagal, tepat di
tanggal 29 Mei 2012. Selain karena orang tua gw, temen-temen gw bilang
gw harus daftar di negeri, karena itu gw putuskan ikut. Gw daftarnya pas
mendekati penutupan pendaftaran yang jatuh pada tanggal 31 Mei 2012.

Jadinya gw benar-benar buru-buru daftarnya biar gak kepenuhan. Gw pergi
ke Bank Mandiri buat bayar daftar SNMPTN bersama orang tua di tanggal 28
Mei 2012 yang berada di samping CBD Ciledug, tetapi sudah tutup karena
gw datengnya kesorean. Hingga diputuskan tangga 29 Mei datang lagi di
siang harinya dan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 150.000,
sebenarnya daftar di sekolah gw bisa, tapi kayaknya sudah telat soalnya
sudah mendekati penutupan. Setelah daftar gw pulang dan langsung
browsing dan buka website SNMPTN 2012, gw daftar dengan mengisi biodata
pribadi dan untuk mendapatkan kartu peserta ujian. Tapi namanya cobaan
datang lagi, kartu gw gak jadi-jadi, mungkin karena mendekati hari akhir
jadi banyak yang daftar.

Gw udah males banget, gimana gak jadi-jadi kartu gw, gw coba ulangi lagi
prosesnya dari awal hingga coba-coba ganti panlok (panitia lokal) tetap
gak bisa. Hingga tanggal 31 Mei 2012 di malam harinya gw tetap gak bisa
dapat kartunya. Selalu saja tulisan yang keluar kata mohon maaf,
panitia lokal Banten sedang mencari tempat ujian (kalo gak salah
tulisannya seperti itu). Hingga pernah hingga 2 kali gw mengadu di Halo
SNMPTN bahwa kartu gw gak jadi-jadi dan waktu sudah menipis. Hingga
ditanggapi bahwa gw harus coba setiap menitnya.

Tetapi tiba-tiba ada pengumuman bahwa pendaftaran di perpanjang hingga 2
Juni 2012. Gw coba ditanggal 1 Juni di siang harinya dan akhirnya
berhasil juga. Langsung aja gw print kartu peserta gw. Kemudian gw
masukin kartunya ke amplop bersama SKL (Surat Keterangan Lulus) yang gw
ambil beberapa hari sebelumnya di sekolah.

Setelah itu di tanggal 7 Juni 2012 gw dan orang tua gw pergi di siang
hari untuk melihat lokasi gw ujian yang berada di Tangerang dan tepatnya
di UNIS (Universitas Negeri Islam Syekh Yusuf). Gw muter-muter nyari
lokasinya dan sempat salah jalan dan akhirnya ketemu juga lokasinya. Gw
kedapatan di gedung lamanya dan di fakultas hukumnya. Gw kedapetan di
ruang 34 bagian IPS dan selama perjalanan berangkat itu gw disuruh orang
tua gw menghitung di handphone berapa lama waktu dari rumah gw hingga
ke UNIS agar tidak terlambat dan ternyata hanya 30 menit.

Setelah itu gw bilang kalau sekalian aja daftar ke Universitas
Mercubuana dan akhirnya setelah dari UNIS gw ke sana. Dan dalam
perjalanan kesana dengan suksesnya motor gw jatuh di jalan karena gak
kuat nanjak dan kepeleset karena orang tua gw ngambil jalan samping yang
ada tanah basahnya. Gw melihat bapak-bapak marah ke supir truk yang
tepat di belakang motor gw, dia marah-marah karena menuduh supir truk
yang membuat gw dan orang tua gw jatuh.

Gw dan orang tua gw langsung pergi dan gak peduli dengan kejadian itu.
Sesampainya disana gw masuk ke Universitas Mercubuana dan menuju tempat
pendaftaran dan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 200.000 dan test
di hari Sabtunya tepat tanggal 9 Juni. Gw sama sekali gak belajar
apa-apa dan cuma santai-santai aja.

Hingga akhirnya tanggal 9 Juni 2012, jam 09:00 WIB gw sudah sampai di
Universitas Mercubuana dan gw sempat nanya dimana gw test dan ternyata
di gedung utama lantai tiga ruang 306 (kalo gak salah). Gw naik lift
kesana, dengan pakaian kaus putih yang ditutupi oleh hoodie dan celana
jeans hitam lengkap dengan sepatu hitam gw berjalan menuju kelas yang
masih dikunci dan melihat calon mahasiswa yang duduk-duduk di depan
ruang kelas. Gw duduk di dekat pintu kelasnya, dan gw melihat di sebelah
kiri gw tepat di seberang gw dua orang perempuan yang kayaknya
memperhatikan gw, gw jadi tegang dan pura-pura gak lihat. Mereka hanya
kadang-kadang saja memperhatikan gw, hingga pintu kelas akhirnya di buka
tepat pukul 09:30 WIB.

Gw masuk dan langsung duduk di paling belakang. Tadinya duduknya
berdua-dua tetapi kata pengawasnya duduknya satu-satu, jadinya gw pindah
ke depan. Gw di Universitas Mercubuana mengambil jurusan Psikologi.
Tetapi pas tetsnya gw lihat soalnya dengan muka bingung dan dalam kepala
gw keluar kata “MAMPUS GW!!!”. Ada soal IPA yang sudah 2 tahun gw gak
belajar IPA dan IPS yang gw rada-rada lupa. Soalnya ada kurang lebih 100
soal (gw lupa soalnya), dan hanya di suruh mengerjakan 50 soal saja.

Gw mulai membuat diri gw rileks dan mulai mengerjakan soal. Hingga
kurang lebih 2 jam kemudian test selesai gw masih aja mengerjakan
padahal satu persatu calon mahasiswa sudah mengumpulkan soal dan kertas
jawaban. Hingga tepat 2 jam, baru gw keluar dan sebelum semua calon
mahasiswa keluar ada pengumuman bahwa hari Selasa 12 Juni 2012, hasil
test akan di umumkan.

Tanggal 12 Juni 2012, jam 06:00 WIB, gw berangkat dari rumah menuju UNIS
dengan pakaian kemeja ditutupi hoodie denagan celana jeans hitam
ditambah sepatu seperti biasanya dan sampai disana kurang lebih jam
06:45 WIB mungkin karena sedikit macet jadi agak lama gw sampainya.
Sesampainya di sana gw tadinya hanya duduk di depan kampusnya hingga gw
putuskan langsung masuk ke kampusnya dan orang tua gw duduk di seberang
kampus bersama orang tua lainnya.

Di kelasnya sudah ada beberapa calon mahasiswa yang sudah sampai, gw
langsung aja duduk dan melihat-lihat ruang kelasnya. Gw daftar di UI dan
UIN dengan jurusan Psikologi, tidak seperti SNMPTN Undangan yang bisa
pilih 2 fakultas, SNMPTN Tulis hanya satu. Gw menunggu hingga jam 07:15
WIB, pengawas yang berjumlah dua orang masuk dan seperti UAN, dijelaskan
bahwa amplop soal masih disegel dan tata tertibnya. Hingga bel berbunyi
tetap pukul 07:30 WIB, ujian dimulai. Soal sudah dibagikan terlebih
dahulu sebelum bel dan mengisi biodata terlebih dahulu.

Gw dan calon mahasiswa di sebelah gw jadi saksi  dari siswa di SNMPTN
Tulis di ruang itu. Hari itu juga ujiannya ada dua, yang pertama tes
potensi akademik yang dengan suksenya dari 75 soal gw cuma mengerjakan
36 soal dan gw sudah berpikir tidak bakalan gw masuk UI. Tes pertama
selesai pukul 09:00 WIB di selingi istirahat. Gw istirahat hanya makan
siomay bersama orang tua gw. Gw melihat calon mahasiswa lainnya yang
rata-rata datang kesana kebanyakan bersama teman-temannya yang ujiannya
di tempat yang sama. Tes kedua adalah tes bidang studi dasar dan soalnya
kalau tidak salah ada 45 soal, 15 soal Matematika, 15 soal Bahasa
Inggris dan 15 soal Bahasa Indonesia. Kalau yang ini gw kerjakan dengan
serius meskipun gw sama seperti tadi yang kebanyakan takut salah. Tapi
jangan seperti tadi yang hanya mengerjakannya hanya setengah, gw
sekarang harus bisa mengerjakan semuanya.

Gw mengerjakan yang gampang dulu, dari Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
hingga yang paling susah menurut gw Matematika. Gw tuntas 30 soal
Bahasa, tinggal Matematika gw kerjakan dengan serius dan saat gw gak
tahu sebagian besar jawaban Matematika, gw jawabnya satu persatu soal
dengan “Bismillahirrahmanirrahim”, setiap gw mau jawab soal dari Bahasa
hingga Matematika yang gw gak tau jawabannya. Dari Pukul 09:45 – 11:00
akhirnya tes selesai dan gw mengerjakan semuanya. Sebelum gw kasi kertas
jawaban gw, gw berdoa semoga hasil tes yang ini dapat menutupi
kesalahan gw di tes pertama. Setelah itu, gw menuju Universitas
Mercubuana untuk melihat hasil tes.

Sesampainya di sana gw menuju gedung utama di tempat pendaftarannya, gw
melihat hasil tesnya dengan tulisan wawancara, gw bingung maksudnya
wawancara apaan karena hasil beberapa calon mahasiswa yang lain ada yang
lulus dan wawancara juga. Orang tua gw langsung masuk ke tempat
pendaftarannya tanya maksudnya wawancara apaan. Hingga gw dan orang tua
gw di suruh ke ruang sebelahnya yang gw lupa ruang apa. Disana gw
disuruh menunggu hingga datang orang yang wawancara gw. Cuma ditanya
asal sekolah dan obrolan biasa.

Ternyata maksunya gw diterima di Universitas Mercubuana jurusan
Psikologi. Gw langsung dikasi kertas yang dituker dengan file untuk
daftar ulang yang ditukerkan di ruang pendaftaran tadi dan gw disuruh
bayar untuk biaya awal tetapi melalui bank dan batasnya 2 minggu setelah
tes. Gw putuskan untuk bayarnya nanti saja menunggu hasil SNMPTN Tulis
ke orang tua gw.

Ke esokan harinya tepat tangga 13 Juni 2012, Ujian SNMPTN Tulis kedua
sekaligus yang terakhir. Tes dimulai dari pukul 10:15 WIB, tapi gw sudah
tiba pertama kali di ruang gw tidak seperti yang kemarin. Gw tiba pukul
09:15 WIB, karena jalannya lancar, orang kantoran dan anak sekolah
sudah tidak ada dijalan karena sudah lewat dari jam 7. Gw bingung mau
ngapain di ruang itu, tidak ada orang selain itu ditambah bahwa IPA
telah selesai tes terlebih dahulu yaitu waktu normal seperti kemarin. Gw
hanya mendengarkan MP3 sambil menunggu tes dimulai.

Satu-persatu calon mahwasiwa lain datang dan ada yang langsung duduk dan
belajar. Gw lihat ke belakang gw dan melihat banyak yang belajar dan
sepertinya gw diperhatikan lagi oleh seorang wanita disana karena
mungkin gw gak belajar cuma mendengarkan MP3. Hingga akhirnya pengawas
datang dan gw melepas earphone gw dan mulai dibagikan kertas jawaban
untuk menulis biodata terlebih dahulu. Tes terakhir ini hanya ada satu
yaitu tes bidang studi, yaitu bidang studi umum untuk IPS seperti
Sejarah, Sosiologi, Geografi dan Ekonomi. Setelah 15 menit mengisi
biodata gw akhirnya membuka soal, dan gw jadi bingung, kenapa soalnya
kelihatan gampang atau hanya perasaan gw aja.

Gw akhirnya jadi semakin rileks mengerjakannya, hanya tersendat di soal
geografi. Dan sebenarnya memang gampang cuma di bikin ribet dengan
bentuk soal yang gak biasa. Seperti menjawab dengan mengikuti tata cara
pengisiannya yang setiap berapa soal tata caranya berbeda dan bisa
membuat orang menjadi bingung menjawabnya padahal soalnya mudah dan bila
orangnya kurang konsentrasi pasti susah jawabnya. Hingga akhirnya Ujian
SNMPTN Tulis selesai dan gw lega banget. Gw selama bebas itu,
mengumpulkan data-data yang diperlukan untuk daftar ulang di Universitas
Mercubuana. Selama 2 minggu lebih gw gak bayar-bayar.

Tanggal 23 Juni 2012, tiba-tiba muncul sms ke hp gw untuk cap 3 jari di
hari Seninnya pada tanggal 25 Juni 2012 dan datang pukul 08:00 WIB. Di
hari Senin, gw pergi ke sekolah dengan seperti biasa memakai seragam dan
menggunakan sepesa MTB gw. Sesampainya disana ada yang menertawakan
rambut gw karena rambut gw mendekati keriting kribo.

Biasalah karena libur dari SMA menuju kuliah itu panjang jadinya gw
males potong rambut. Bukan hanya temen gw aja yang pria tapi juga yang
wanita tertawa atau pun senyum. Gw cuma bilang,”Mumpung lagi liburan”.
Karena nama gw diawali huruf P, maka gw sedikit lama menunggu giliran
cap 3 jarinya yang dipanggil satu-satu oleh wali kelas berdasarkan
absen. Kata wali kelas kalau rapot, ijazah dan skhun akan dibagikan
minggu depan, jadinya gw tunggu hingga Senin tetapi tidak ada kabar lagi
hingga di hari Kamis ada yang bilang dibagikan hari Jum’at dan ada yang
bilang hari Senin. Gw jadi bingung, dan gw putuskan sendiri hari Senin
saja gw ngambilnya.

Di hari Kamis juga muncul kabar simpang siur tentang penguman hasil
SNMPTN Tulis jadinya ditanggal 6 Juni 2012 dan ada yang bilang bahwa
masih di tanggal 7 Juni 2012. Hingga karena penasaran, gw coba tungguin
tanggal 6 Juni benar-benar penguman atau tidak. Tepat jam 19:00 WIB
seperti waktu yang telah dijanjikan, gw langsung browsing internet dan
buka website SNMPTN 2012, tapi selalu saja error karena banya yang akses
situsnya juga selain gw. Hingga akhirnya gw coba websitenya dan
Alhamdulillah, gw dinyatakan lulus SNMPTN Tulis dan masuk UIN Jakarta di
fakultas dan jurusan Psikologi. Hingga gw disuruh orang tua gw untuk
print hasilnya.

Gw langsung berpikir, berarti gw gak jadi masuk Universitas Mercubuana.
Seninnya, gw lansung menuju sekolah untuk mengambil rapot, skhun dan
ijazah SMA. Gw bertemu beberapa temen-temen gw yang ikut ngambil rapot
juga. Selain itu gw juga kesana bersama orang tua gw dan membuat surat
kelakuan baik untuk daftar ulang di UIN Jakarta. Gw kesana juga membawa
buku untuk disumbangkan untuk perpustakaan karena di suruh oleh sekolah.
Setelah satu-persatu masuk keruang BP untuk ngambil rapot, ijazah dan
skhun, giliran gw untuk mengambil. Sempat mengobrol sebentar bersama
teman-teman gw karena setelah itu gw harus ke UIN Jakarta untuk melihat
UIN dan tempat pendaftarannya.

Karena fakultas dan jurusan Psikologi kebagian daftar ulangnya pada hari
Rabu tanggal 11 Juni 2012. Sesampainya disana gw hanya melihat-lihat
selama 10-15 menit dan kemudian pulang. Di tanggal 11 Juni, gw akhirnya
daftar ulang dengan membawa ijazah, skhun, rapot dan file yang tadinya
buat daftar di Universitas Mercubuana jadinya buat di UIN Jakarta. Gw
kesana bersama orang tua gw dan lengkap dengan kaos purih dengan
ditutupi hoodie dan celana jeans hitam serta sepatu sandal. Pertama-tama
gw pergi ke bank BCA untuk mengambil uang untuk daftar ulang sebesar
Rp. 2.440.000.

Kemudian gw lanjutkan perjalanan menuju UIN Jakarta dan langsung menuju
Bank Mandiri yang berada di dalam UIN dan membayar. Setelah diberi bukti
pembayaran gw lansung menuju tempat pendaftaran untuk mengambil
formulir pendaftaran ulang. Gw hanya kasih tanda bukti pembayaran dan
kartu asli peserta SNMPTN Tulis 2012 dan dakasihlah formulirnya yang
didalam map. Setelah karu peserta SNMPTN Tulis 2012 dan Bukti pembayaran
di kembalikan gw menuju meja kosong untuk menulis formulirnya.
Formulirnya terbagi atas Lembar Pemeriksaan Berkas Daftar Ulang,
Pendaftaran TOEFL dan TOAFL, NIM Mahasiswa, Surat Pernyataan dan Surat
Keterangan Kesehatan.

Gw isi semuanya dibantu orang tua gw. Tempel foto di NIM dan materai Rp
6000 di lembar penyataan. Kemudian setelah mengisi semuanya gw langsung
menuju tempat pemeriksaan kesehata di UIN. Tetapi masih tutup karena
istirahat dan Shalat Zuhur. Kemudian gw bersama orang tu gw ke masjid
untuk shalat juga. Setelah itu gw kembali ke tempat kesehatan sendiri
karena orang tua gw mau makan di luar. Gw tungguin hingga pukul 1 siang
lewat baru pintu dibuka kembali. Tapi gw kebagian terakhir, padahal gw
datang duluan karena yang lainnya lansung berdiri di depan pintunya jadi
gw ngalah. Dimulai dengan pendaftaran uji kesehatan, dilanjutkan dengan
pemeriksaan tensi darah, kemudian pemerikasan dokterr dengan
penglihatan dan ditanya apakah gw merokok sudah pasti tidak kerna gw
anti rokok. Hingga tahap selanjutanya yaitu tes urine, gw  dikasi sebuah
wadah untuk urine gw.

Katanya cukup diisi seperempat saja, tapi gw isinya penuh, jadinya gw
buang sedikit baru gw kasih ke bagian pemeriksaan urinenya. Kertas
Keterangan Sehat gw di stempel Urine tanda sudah tes urine dan kemudian
ke ruang  Rontgen untuk tes rontgen dan dapat stempel juga. Kemudian
kembali ke ruang awal dan di stempel sudah lewat tes kesehatan. Kemudian
gw keluar untuk ukur almamater atau jas UIN. Gw nulis biodata dan
ukuran jasnya yaitu XL yang terdiri dari 2 lembar untik calon maha siswa
dan panitia. Kemudian gw kembali ke ruang pendaftaran untuk
mengembalikan berkas-berkasnya. Gw kasih dan disuruh tunggu untuk nama
gw dipanggil.

Hingga nama gw dipanggil dan katanya ada yang kurang yaitu NIM. Ternyata
NIM gw simpen dua-duanya di tas gw dan gw kasi salah satunya. Kemudian
gw ke sebelahnya untuk daftar TOEFL dan TOAFL. Kasih formulir
pendaftarannya dan suruh kasih foto juga. Setelah itu nama gw dipanggil
untuk mengambil kartu peserta ujiannya dan katanya tesnya di Kampus II
UIN Jakarta yang diadakan tanggal 16-17 Juni 2012 pukul 13:30-15:30 WIB.
Dan kemudian setelah selesai pendaftaran ulang gw pergi lagi ke rumah
saudara gw.

Sekian dulu cerita dari gw.

Demikianlah informasi yang dapat Info-Kita.net sampaikan. Semoga bermanfaat dan Beguna Hendaknya Buat anda semua pengunjung Blog Ini. dan Admin Info-Kita.net mengucapkan banyak terima kasih kepada anda yang telah membaca artikel Cerita Dari Gagal SNMPTN Undangan Hingga Lulus SNMPTN Tulis

Hasil Penelusuran:
  • cara melihat hasil snmptn

Cerita Dari Gagal SNMPTN Undangan Hingga Lulus SNMPTN Tulis

Cerita Dari Gagal SNMPTN Undangan Hingga Lulus SNMPTN Tulis | Elida Hafni | 4.5 | 118 x diLihat