3 desember

Memahami Arti Karakter

Memahami Arti Karakter – Kembali Lagi Pada Postingan Kali ini Blog Info-Kita.net Akan Berbagi Informasi Terbaru Khusus Buat Sobat semua yakninya tentang Memahami Arti Karakter, semoga bisa Bermanfaat ya Buat Sobat Semua.

Kamus Besar Bahasa Indonesia mengartikan karakter sebagai bawaan, hati, jiwa, kepribadian, budi pekerti, perilaku, personalitas, sifat, tabiat, temperamen, watak. Anggapan selama ini watak seseorang adalah karakter adalah tidak sepenuhnya benar, karena watak merupakan aspek penilaian yang berhubungan dengan norma yang berlaku di masyarakat. Sementara karakter adalah berkepribadian, berperilaku, bersifat, dan berwatak. Sehingga istilah watak lebih condong pada sifat batin manusia yang mempengaruhi segenap pikiran dan tingkah laku; budi pekerti; tabiat. Jadi, dapat diartikan secara umum bahwa karakter itu berkaitan dengan kekuatan moral, berkonotasi positif orang berkarakter adalah orang yang punya kualitas moral tertentu yang positif. Dengan demikian pendidikan membangun karakter secara implisit mengandung arti membangun sifat atau pola prilaku yang didasari atau berkaitan dengan dimensi moral yang positif atau yang baik, bukan yang negatif atau yang buruk.
Memahami Arti Karakter
pic by google.net
Karakter mempunyai banyak arti, diantaranya, kemampuan untuk mengatasi secara efektif situasi sulit, tidak enak atau tidak nyaman, atau berbahaya. Dengan pengertian tersebut karakter menuntut kecerdasan otak, kepekaan nurani, kepekaan diri dan lingkungan, kecerdasan merespon, dan kesehatan, kekuatan, dan kebugaran jasmani. Karakter atau watak adalah ekspresi dari keseluruhan nilai-nilai yag kita taati. Karakter seseorang merupakan ekspresi dari moralitas orang tadi. Krisis moral terjadi pada siswa maupun mahasiswa, tingkah laku masyarakat ternyata masih kurang baik karena kita menghianati nilai-nilai yang baik itu ada pada diri kita sendiri. Menurut Soemarno Soedarsono karakter merupakan sesuatu dalam diri manusia yang tidak bersifat turunan (diwariskan), melainkan harus dicari, ditemukan, dan ditempa karena sebenarnya sudah melekat pada tiap manusia sejak seseorang dilahirkan dan menjadi bagian kolektif dari suatu masyarakat. Dengan demikian menurut pemahaman makna karakter tersebut merupakan sifat-sifat kejiwaan yang dapat dibentuk, ditemukan dan ditempa untuk dapat meyakini nilai-nilai yang baik dan melekat dalam diri setiap individu dan berguna dalam kehidupan ini.

Pengertian karakter ini banyak dikaitkan dengan pengertian budi pekerti, akhlak mulia, moral, dan bahkan dengan kecerdasan ganda (multiple intelligence). Berdasarkan pilar yang disebutkan oleh Suyanto (2009:3) bahwa pengertian budi pekerti dan akhlak mulia lebih terkait dengan pilar-pilar sebagai berikut, yaitu cinta Tuhan dan segenap ciptaannya, hormat dan santun, dermawan, suka tolong menolong/kerjasama, baik dan rendah hati. Itulah sebabnya, ada yang menyebutkan bahwa pendidikan karakter adalah pendidikan budi pekerti Terkait dengan kecerdasan ganda, kita mengenal bahwa kecerdasan meliputi empat pilar kecerdasan yang saling kait mengait, yaitu: (1) kecerdasan intelektual, (2) kecerdasan spiritual, (3) kecerdasan emosional, dan (4) kecerdasan sosial.

Dari uraian di atas dapat terlihat bahwa pendidikan karakter telah mencakup seluruh norma dan nilai-nilai etika yang ada dimasyarakat. Pendidikan karakter dapat dilakukan di rumah, di sekolah, di lembaga akademis/ perguruan tinggi, dmasyarakat maupun di lingkungan kantor. Melalui pendidikan karakter akan menciptakan manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, memiliki tanggung jawab, sopan dalam berikap, santun dalam berbicara, memiliki kreativitas, rendah hati, ramah dengan sesama dan memiliki rasa toleransi dan jiwa yang penuh kedamaian, bermoral dan beretika. Pendidikan karakter memiliki peran yang strategis bagi pembentukan karakter bangsa, sejatinya pendidikan karakter akan menciptakan manusia Indonesia yang berkualitas, bermoral dan beretika. Pada akhirnya, dengan pendidikan karakter dapat meningkatkan semua potensi kecerdasan manusia Indonesia, yang berkarakter sesuai dengan pilar-pilar pendidikan karakter.

Sumber

Demikianlah informasi yang dapat Info-Kita.net sampaikan. Semoga bermanfaat dan Beguna Hendaknya Buat anda semua pengunjung Blog Ini. dan Terima kasih kepada Sobat Semua yang telah membaca artikel Memahami Arti Karakter

Memahami Arti Karakter | Elida Hafni | 4.5 | 49 x diLihat