3 desember

INILAH 10 LAGU WAJIB NASIONAL INDONESIA

INILAH 10 LAGU WAJIB NASIONAL INDONESIA – Kembali Lagi pada Update Postingan Kali ini Info-Kita.net Akan Berbagi Informasi Terbaru Khusus Buat Sobat semua yakninya tentang INILAH 10 LAGU WAJIB NASIONAL INDONESIA, semoga bisa Bermanfaat ya Buat Sobat Semua. Lebih Jelas dan Detail Baca Selengkapnya.

Apa sajakah daftar lagu nasional Indonesia terbaik?  Dalam artikel kali ini, Top10Indo akan membahas lagu-lagu wajib Indonesia terbaik yang memiliki lirik indah, nada yang merdu, dan makna yang membuat kita makin mencintai tanah air pertiwi.  Di antara ratusan lagu nasional, kami mencoba memilih sepuluh lagu yang paling memenuhi kriteria di atas.

Sebagai bangsa Indonesia, terkadang kita lupa mengapresiasi keindahan negara dan mengenang perjuangan para pahlawan kemerdekaan.  Semoga dengan mendengarkan lagu-lagu berikut, rasa nasionalisme dan cinta tanah air kita semakin tumbuh.  Berikut daftar 10 lagu wajib nasional Indonesia terbaik versi kami:





10,  Bangun Pemudi Pemuda


Diciptakan oleh A. Simanjutak, lagu ini seolah mengajak generasi muda Indonesia untuk bangkit dan berkarya.  Jika kita dengarkan dengan khusyuk, lagu ini bisa membuat kita lebih semangat dalam melaksakan kewajiban-kewajiban kita, baik sebagai pelajar, pekerja, kepala rumah tangga, dan lain-lain.  Yang jelas, kita jadi ingin memberikan lebih banyak kontribusi untuk negara Indonesia tercinta.

Secara musikalitas, lagu Bangun Pemudi Pemuda ini juga sangat luar biasa.  Instrumen yang mengisi bagian tengah lagu disusun dengan sangat apik.  Kita yang mendengarkannya pun menjadi bangga bahwa Indonesia memiliki lagu seindah ini.



9.  Syukur


Syukur adalah salah satu lagu nasional terbaik yang diciptakan oleh H.S. Mutahar.  Liriknya sangat syahdu dan menyentuh perasaan.  Lagu ini bercerita tentang rasa syukur yang syahdu dari seorang anak bangsa yang merasa sangat beruntung telah dilahirkan di Indonesia.  Ia pun bersyukur kepada Tuhan atas nikmat yang sudah dikaruniakan ke dalam hidupnya.

Memang jika kita lihat lebih lanjut, Indonesia adalah negara yang sangat indah dan luar biasa.  Kita perlu bersyukur bisa menjadi bagian dari bangsa yang hebat ini, yang memiliki ratusan suku, bahasa, dan budaya; namun bisa bersatu menjadi sebuah negara kesatuan.



8.  Bagimu Negeri


Pasti kita sering banyak menuntut banyak hal dari negara Indonesia.  Namun pernahkah terlintas dalam pikiran kita, apa yang sudah kita berikan untuk Indonesia?  Lagu Bagimu Negeri ini mengingatkan kita tentang komitmen anak-anak bangsa untuk berjuang sepenuh hati demi kesejahteraan negaranya.  Sangat bertema nasionalis dan menyentuh!

Selain lagu Indonesia Raya, Bagimu Negeri adalah lagu-lagu yang paling sering diputar dalam rapat-rapat resmi kenegaraan.  Seandainya saja pejabat-pejabat dan wakil rakyat yang bekerja di jajajaran pemerintahan bisa memaknai lagu ini dengan baik, pasti Indonesia sudah menjadi negara yang benar-benar solid.



7.  Gugur Bunga



Walaupun berbau propaganda, lagu Gugur Bunga ini begitu indah dan layak masuk ke dalam jajaran lagu wajib nasional Indonesia terbaik.  Pada masa orde baru, lagu Gugur Bunga selalu diputar bersamaan dengan film G30S  PKI.  Lagu ini juga menjadi lagu wajib apabila ada tokoh nasional yang meninggal dunia.  Terkesan tragis dan pilu.

Gugur Bunga bercerita tentang wafatnya pahlawan negara yang telah mengabdikan dirinya untuk Indonesia.  Lagu ini berisi puji-pujian terhadap pahlawan yang telah wafat,  kenangan terhadap jasa-jasanya, serta harapan akan tumbuhnya pahlawan-pahlawan baru yang bisa membela nama Indonesia.



6.  Rayuan Pulau Kelapa


Keindahan negara Indonesia seolah tak ada habisnya jika dituangkan ke dalam sebuah lagu.  Rayuan Pulau Kelapa adalah salah satu lagu terbaik yang memberikan berbagai puji-pujian terhadap keindahan Indonesia yang begitu dekat di hati kita.  Berbagai aspek, mulai dari keindahan alam hingga ramah tamah masyarakat Indonesia, semua dibahas dalam lagu ini.

Mendengarkan Rayuan Pulau Kelapa selalu bisa membuat kita merasa bangga menjadi warga negara Indonesia.  Tengok saja, tiap tahunnya ada jutaan turis dari negara asing yang datang ke negeri kita dan mengagumi keindahan negeri ini.



5.  Garuda Pancasila



Garuda Pancasila adalah lagu yang pertama kali diputar setiap hari saat TVRI dan RRI hendak mengawali program siarannya.  Memang, lagu berirama penuh semangat ini sangat cocok untuk mengawali hari.  Begitu mendengarkannya, kita menjadi lebih berenergi untuk bekerja, berkarya, dan belajar.  Sungguh lagu yang memiliki efek positif bagi pemuda pemudi Indonesia.

Jika dicermati lebih dalam, Garuda Pancasila juga memiliki nilai filosofi yang luar biasa.  Lagu ini seolah ingin menunjukkan keperkasaan Indonesia yang mengusung Burung Garuda sebagai lambang dan Pancasila sebagai dasar negara.



4.  Berkibarlah Benderaku

Bendera adalah sebuah lambang negara yang memiliki makna filosofis.  Suatu negara tidak akan memiliki bendera apabila belum memiliki kedaulatan yang diakui oleh dunia internasional.  Bendera adalah lambang kebanggan dan eksistensi suatu negara.  Suatu perang biasanya diakhiri dengan pihak yang berhasil mengibarkan bendera dengan sukses di wilayah musuh.

Lagu Berkibarlah Benderaku menunjukkan kebanggaan rakyat Indonesia tentang berhasilnya Sang Merah Putih berkibar dengan gagah di bumi nusantara.  Perlu diingat, untuk mengibarkan bendera Indonesia diperlukan pengorbanan yang luar biasa dari para pahlawan.



3.  Tanah Airku

Lagu ciptaan Ibu Soed ini pasti selalu bisa membuat kita terharu ketika mendengarnya.  Hati kita akan bergetar, mata menjadi basah, dan pikiran akan melayang ke Indonesia, ke tempat orang-orang yang kita cintai berada.  Lagu ini sangat sering dimainkan di acara-acara resmi kedutaan Indonesia di luar negeri, dan pasti banyak ditemui diplomat-diplomat maupun warga Indonesia yang tinggal di negara asing menitikkan air mata begitu mendengarkan lagu Tanah Airku.  Lagu ini memiliki tempo yang cenderung lebih lambat dari kebanyakan lagu nasional, namun memiliki makna yang sangat dalam.  Benar-benar sebuah lagu yang bisa membangkitkan rasa nasionalisme dalam waktu singkat.



2.  Indonesia Raya

Bagi setiap warga negara Indonesia, lagu Indonesia Raya ini pasti memiliki makna khusus.  Lagu ini sudah kita nyanyikan sejak masih kecil, dalam setiap upacara bendera hari Senin.  Memang, inilah lagu kebanggaan Indonesia yang menjadi bukti kedaulatan negara.  Lagu inilah yang diputar setiap kali atlet-atlet Indonesia meraih prestasi di dunia internasional.

Mendengarkan lagu Indonesia Raya membuat perasaan dalam diri kita seolah bercampur aduk.  Ada rasa bangga, haru, senang, sedih, dan tentram.  Semoga saja semua yang tertulis dalam lirik lagu Indonesia Raya bisa terwujud menjadi sebuah kenyataan.



1.  Indonesia Pusaka

Akhirnya sampai juga kita pada peringkat pertama dalam daftar 10 lagu wajib nasional Indonesia terbaik.  Ya, lagu Indonesia Pusaka yang diciptakan oleh Ismail Marzuki ini mempunyai unsur yang sangat komplit.  Liriknya sangat indah, musikalitasnya luar biasa, dan maknanya sangat mendalam.  Mendengarnya membuat kita makin mencintai tanah pertiwi.

Mau atau tidak mau, suka atau tidak suka, Indonesia adalah tanah tempat kita lahir, tumbuh besar, sekaligus tempat beristirahat kelak di hari tua.  Sudah sewajarnya apabila kita mencoba untuk sedikit memberi balas budi pada tanah pertiwi, setidaknya dengan menumbuhkan rasa cinta Indonesia.  Sampai saat ini, hati kita pasti akan merasa trenyuh apabila mendengar potongan lirik Indonesia Pusaka berikut: 

Di sana tempat lahir beta,
Dibuai, dibesarkan bunda, 
Tempat Berlindung di hari tua,
Sampai akhir menutup mata…

Maju dan jayalah terus Indonesia tanah airku!

Sumber

Demikianlah informasi yang dapat Info-Kita.net sampaikan. Semoga bermanfaat dan Beguna Hendaknya Buat anda semua pengunjung Blog Ini. dan Terima kasih kepada Sobat Semua yang telah membaca artikel INILAH 10 LAGU WAJIB NASIONAL INDONESIA

Hasil Penelusuran:
  • 10 lagu wajib
  • lagu nasional wajib terbaik

INILAH 10 LAGU WAJIB NASIONAL INDONESIA | Elida Hafni | 4.5 | 129 x diLihat