Inilah Cara Membuat Papercraft

Inilah Cara Membuat Papercraft – Kembali Lagi pada Update Postingan Kali ini Info-Kita.net Akan Berbagi Informasi Terbaru Khusus Buat Sobat semua yakninya tentang Inilah Cara Membuat Papercraft, semoga bisa Bermanfaat ya Buat Sobat Semua. Lebih Jelas dan Detail Baca Selengkapnya.

Inilah Cara Membuat Papercraft
Cara Membuat Papercraft

Alat & Bahan

Dalam membuat sebuah model papercraft, tentunya ada alat-alat pendukung yang dapat digunakan.
  1. Kertas : pilihlah kertas dengan ketebalan 100 gsm, dalam hal ini bisa menggunakan kertas inkjet, kertas bc, dan lain-lain.
  2. Cutter : cutter sebagai alat pemotong kertas memiliki presisi lebih baik dibandingkan dengan gunting.
  3. Lem : gunakan lem kertas seperti lem Fox, UHU atau Hacol, jangan gunakan lem yang seperti nasi, karena cepat kotor dan daya rekatnya lebih rendah.
  4. Gunting : gunakan gunting yang tajam sebagai alat pemotong, apabila anda tidak terbiasa menggunakan cutter, sayangnya gunting memiliki tingkat presisi yang lebih rendah dibandingkan cutter dalam hal memotong parts berukuran kecil.
  5. Cutter Pen : cutter pen adalah cutter yang berbentuk seperti pena, memiliki single blade dan memiliki tingkat presisi tertinggi dibandingkan gunting dan cutter biasa.
  6. Cutting Mat : alas potong berbahan karet, jauh lebih nyaman dibanding menggunakan kaca/keramik sebagai alas potong, karena kaca/keramik dapat membuat mata cutter menjadi cepat tumpul.
  7. Penggaris : gunakan penggaris besi untuk membantu saat memotong pola.
  8. Lainnya : adapun alat-alat lain yang dapat membantu dalam pembuatan sebuah model 3D papercraft adalah pinset, tweezer, spidol, tusuk gigi, dan lain-lain.


Panduan Dasar Membuat Papercraft
  1. Hal pertama yang diperlukan adalah Niat, karena inilah yang menentukan apakah anda dapat menyelesaikan model yang diinginkan atau tidak.
  2. Download template, anda dapat men-download ratusan ribu pola papercraft di internet, silakan googling dengankeyword Papercraft/Papertoy/Papermodel, maka anda akan menemukan banyak sekali halaman situs yang memuat template-templatenya.
  3. Print templatenya, setelah anda men-download template, tentunya template tersebut harus di print, gunakan printer warna untuk mencetak template papercraft, karena rata-rata template yang ada adalah template berwarna.
  4. Potong polanya, lakukan menurut guide lines yang ada pada instruksi model yang templatenya anda download.
  5. Lipat, lakukan sesuai folding lines (umumnya garis putus-putus) pada pola.
  6. Lem, lakukan pengeleman pada flaps (tempat mengelem) yang ada pada pola dan satukan parts yang satu dengan yang lain sesuai instruksi, dan anda pun telah membuat sebuah 3D papercraft

 Sekian, semoga bermanfaat :)

Sumber

Demikianlah informasi yang dapat Info-Kita.net sampaikan. Semoga bermanfaat dan Beguna Hendaknya Buat anda semua pengunjung Blog Ini. dan Terima kasih kepada Sobat Semua yang telah membaca artikel Inilah Cara Membuat Papercraft

Inilah Cara Membuat Papercraft | Elida Hafni | 4.5 | 34 x diLihat