Ide Usaha Ala Mahasiswa yang Mudah untuk menambah uang saku

Masyarakat Indonesia merupakan masyarakat yang konsumtif. Disini kita bisa memanfaatkan peluang baru bagi mahasiswa yang ingin terjun ke dunia usaha ataupun yang ingin mengembangkan sayap pada berbagai bidang usaha yang sudah berjalan. Wirausaha atau yang dikenal dengan “enterpreneur” sudah mulai banyak dilirik terutama bagi para kaum muda. Wirausaha muda adalah mereka yang terjun melakukan usaha di usia yang terbilang cukup muda.

Ada beberapa faktor penyebab mahasiswa terlihat lebih mudah dalam membuaka usaha.

Pertama, mahasiswa tidak gagap teknologi. Sebagaimana kita ketahui ketika membuka bisnis, agar bisnis tersebut bisa dijangkau secara cepat dan luas oleh berbagai kalangan, maka kecakapan dalam menggunakan teknologi menjadi salah satu faktor keunggulan produk. Teknologi yang sangat dekat dengan mahasiswa menjadikan hal tersebut bukan suatu tantangan, melainkan peluang nyata.

Kedua, mahasiswa paham betul produk yang diinginkan generasi seumuran mereka, serta bagaimana cara memperkenalkan produknya.Ketiga, banyak mentor usaha yang dengan mudah bisa ditemui atau diakses. Tak jarang, orang yang ingin memulai usaha sering bingung. Bingung harus mulai dari mana, modal dari mana, bagaimana jika usahanya tidak berkembang dan banyak pertanyaan lain. Hal ini mampu dibantah oleh mahasiswa.

Pada zaman sekarang, generasi muda ataupun mahasiswa telah memiliki banyak mentor atau contoh orang suskes di bidangnya. Mereka sangat mudah melakukan pertemuan dengan mentor. Pertemuan tidak perlu secara langsung namun bisa lewat tatap layar. Hal tersebut bisa dilakukan via Youtube, Live Facebook, Live Instagram, Zoom Meeting, dan lain sebagainya.

Kemudahaan memperoleh informasi tersebut membuat mahasiswa bisa selangkah lebih maju dan lebih cepat. Sebab, mereka bisa belajar memulai usaha, mengembangkan usaha, bahkan mencari solusi jika terjadi masalah. Semua hal tersebut bisa diperoleh dengan mudah oleh mahasiswa dari mentor gratis maupun berbayar yang bisa mereka temui di berbagai platform atau media.

Berikut ini beberapa contoh Ide usaha ala mahasiswa yang terbilang cukup unik :

  1. Cheesecake Oreo.
Cheesecake Oreo

adalah kue yang dimakan sebagai hidangan penutup yang memiliki rasa manis dari susu dan juga biskuit oreo. Keju yang umumnya digunakan untuk membuat cheesecake adalah keju krim, tetapi dapat juga menggunakan keju lainnya. Cheesecake ini juga bisa dipromosikan melalu media seperti Instagram, Facebook, Whatsapp dengan sistem Pre-order atau sistem PO adalah saat penjual memasarkan produk yang belum diproduksi atau belum ada secara fisik. Pembeli dapat melihat terlebih dahulu seperti apa produknya, dan melakukan pemesanan serta pembayaran, untuk kemudian dilakukan produksi. Kalian juga bisa menitipkan jualan kalian di kantin kampus kalian, pasti laku karena melihat banyaknya mahasiswa yang membeli makan dikantin atau sekedar nyemil.

Bahan untuk membuat Cheesecake Oreo berupa :

  • keju
  • biskuit oreo
  • susu kental manis
  • tepung maizena
  • dan susu cair.
  1. Salad Buah
Salad Buah

Salad buah adalah makanan penutup berupa buah buahan yang dicampur dengan mayonaise, yogurt, susu kental manis, dan juga keju. Salad buah ini bisa dijadikan sebagai ide jualan nih sobat, karena bahannya yang mudah didapat dan cara bikinnya sangat simple. Usaha ini cocok sekali untuk kamu yang ingin mengeluarkan modal sedikit tetapi mendapat keuntungan yang lumayan besar, karena kita bisa membuat salad buah ini dadakan atau dibuat jika ada yang memesannya terlebih dahulu, dan jika tidak laku pun bisa dijual keesokan harinya karena salad buah bisa tahan selama 3 hari didalam kulkas.

Baca Juga : Bisnis Rumahan dengan Modal kecil penghasilan besar

  1. Risol Mayo
Risol Mayo

Risol mayo adalah makanan berupa gorengan yang berisi mayonaise, beef, telur, keju dan dibalut tepung roti pada bagian luarnya. Kita sudah tidak asing lagi dengan makanan ini ya sobat? karena akhir akhir ini banyak sekali influencer yang meriview risol mayo dan tutorial masaknya pun sudah banyak yang share dichanel youtube ataupun video pendek tiktok. Nah risol mayo juga bisa kalian jual di kantin kampus kalian ataupun bisa juga dipromosikan lewat Instagram, WhatsApp, dan media lainnya.

Itulah 3 ide usaha ala mahasiswa yang menurut saya sangat unik dan sangat mudah untuk dipraktekkan. Jadi, jangan ragu lagi untuk mencoba karena kita bisa loh mempraktekkan jika kita memiliki niat untuk berproses dan juga melatih skill kita agar tidak selalu bergantung kepada orangtua.

Penulis : Sherli Sarwahita

Mahasiswa D3 Perpustakaan Universitas Sebelas Maret Surakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *