Makanan Khas Sukoharjo yang Populer

      Tak ada komentar pada Makanan Khas Sukoharjo yang Populer

Sukoharjo merupakan salah satu daerah di provinsi Jawa Tengah yang memiliki pesona keindahan yang luar biasa, tidak hanya tempat wisata, tetapi juga berbagai makanan khas dengan cita rasa lezat yang sangat luar biasa.

Ada cukup banyak pilihan makanan khas Sukoharjo yang populer dan menarik untuk kamu coba. Berbagai makanan disajikan dengan cita rasa lezat serta memiliki tampilan menggugah selera. Saat memutuskan untuk menghabiskan waktu berlibur di Sukoharjo, tidak ada salahnya jika kita menyempatkan untuk berburu makanan khas sukoharjo dengan cita rasa lezat yang disajikan. Kita juga tidak perlu khawatir karena beberapa makanan khas Sukoharjo juga cocok dipilih sebagai oleh oleh untuk dibawa pulang.

Tidak perlu bingung inilah

5 makanan khas Sukoharjo yang wajib kamu coba :

  1. Jenang krasikan

Jenang krasikan, sumber : suaralama.id

Saat ingin mencoba salah satu makanan khas Sukoharjo, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk mencicipi lezatnya jenang krasikan. Jenang krasikan merupakan salah satu makanan tradisional yang cukup mudah dijumpai hingga saat ini. Makanan yang satu ini juga diminati oleh banyak kalangan mulai dari anak anak hingga orang dewasa.

Jenang krasikan dibuat menggunakan bahan utama beras ketan. Beberapa bahan lain yang dibutuhkan diantaranya gula merah dan juga santan kelapa. Setelah semua bahan tercampur, langkah selanjutnya adalah dengan cara memasak semua bahan pada tungku hingga matang. Setelah matang, adonan kemudian dicetak. Proses pengolahannya yang masih menggunakan cara tradisional menjadikan makanan yang satu ini memiliki aroma serta rasa yang khas.

Saat mencoba jenang krasikan, kamu akan dimanjakan dengan rasa manis yang berpadu dengan gurihnya santan. Tidak hanya itu, kamu juga dapat merasakan tekstur yang legit dan pas. Karena dikenal khas, tidak heran jika jenang krasikan kerap dipilih sebagai oleh oleh untuk dibawa pulang dari Sukoharjo. Kamu tidak perlu khawatir karena makanan ini mampu bertahan cukup lama dan awet jika dijadikan oleh oleh.

  1. Alakatak

Alakatak, Sumber : Solo.suaramerdeka.com

Ada cukup banyak pilihan makanan khas Sukoharjo yang menarik untuk kamu coba, salah satunya adalah alakatak. Beberpa dari kamu tentu masih asing mendengar sebutannya bukan? Alakatak dikenal sebagai makanan yang dibuat menggunakan bahan bahan sederhana seperti tempe dan mie.

Siapa sangka jika makanan yang dibuat menggunakan bahan bahan sederhana ini justru mampu menarik perhatian masyarakat lokal hingga wisatawan? Alakatak biasa disajikan dengan dibalut menggunakan daun jati. Daun jati juga dikenal sebagai ciri khas pada sajian makanan yang satu ini. Saat mencoba alakatak, kamu akan mencium aroma serta merasakan cita rasa khas dari koro benguk yang ada pada tempe. Tekstur tempe yang lembut dan berpadu dengan mie yang kenyal menjadikan makanan yang satu ini sayang untuk kamu lewatkan.

Meskipun disajikan dengan sederhana, tetapi alakatak dikenal sangat otentik. Resep yang digunakan untuk membuat alakatak juga masih sama sejak dulu. Kamu dapat dengan mudah menjumpai makanan yang satu ini di beberapa pasar tradisional di Sukoharjo. Alakatak menjadi pilihan tepat bagi kamu yang ingin mencoba salah satu makanan khas Sukoharjo.

  1. Gempol pleret

Gempol pleret, Sumber : Soloposfm.com

Pernah mendengar sebutan gempol pleret? Gempol pleret dikenal sebagai salah satu makanan khas Sukoharjo yang menarik untuk kamu coba. Sajian yang satu ini dibuat dari tepung beras. Tepung beras yang diolah dan dibentuk bulat warna warni itulah yang disebut gempol. Gempol pleret biasa disajikan dengan tambahan gula aren atau gula kelapa dan juga es batu. Hidangan yang satu ini menawarkan sensasi segar dan cocok dinikmati saat cuaca sedang panas panasnya. Tampilan serta warnanya yang cantik menjadikan hidangan ini tampak sangat menggugah selera dan wajib kamu coba.

Saat mencoba gempol pleret, kamu akan dimanjakan dengan perpaduan rasa manis dan gurih. Selain melepas dahaga, satu porsi gempol pleret juga cukup mengenyangkan. Cita rasa serta sensasi segar yang ditawarkan tentu akan membuatmu ketagihan setelah mencobanya.

Makanan khas Sukoharjo yang satu ini sangat mudah kamu jumpai di beberapa tempat seperti pasar tradisional atau di pinggir jalan. Biasanya, gempol pleret disajikan dalam satu mangkuk kecil dengan porsi yang pas.

  1. Kripik Balung Kethek
Kripik Balung Kethek, Sumber : https://www.bukalapak.com/p/food/makanan/4ggllxg-jual-locis-singkong-balung-kethek-by-jaya-rasa-snacks-oleh-oleh-solo?from=list-produk&pos=2

Cemilan yang menjadi makanan khas Sukoharjo ini terbuat dari bahan dasar singkong. Singkong tersebut diiris menjadi bagian kecil yang tipis, kemudian digoreng hingga kering.

Tekstur keripik balung kethek sangat renyah dan gurih karena diberi bumbu oleh rempah pilihan. renyah. Keberadaannya sudah cukup lama, yaitu sekitar tahun 1990.

Meski termasuk dalam deretan cemilan tradisional, namun popularitasnya tetap eksis hingga sekarang. Untuk mendapatkannya, Anda bisa langsung mengunjungi Desa Bendosari.

  1. Sega Guwakan

Sego Guwakan , Sumber : Solopos.com

Sega Guwakan menjadi salah satu dari 5 makanan khas Sukoharjo. Paling banyak ditemukan di Desa Ngrombo, Kecamatan Baki, Kabupaten Sukoharjo.

Sega guwakan bahkan disajikan saat kunjungan delegasi anggota G20. Sega Guwakan itu dihidangkan lengkap dengan wedang jahe yang juga menjadi kuliner tradisional wilayah yang dikenal sebagai sentra industri gitar tersebut.

Makanan ini memang tak sepopuler sega berkat, kuliner tradisional yang berasal dari Kabupaten Wonogiri. Kendati asing di telinga, nama sega guwakan sangat dikenal oleh warga Desa Ngrombo.

Sega guwakan merupakan kuliner tradisional khas kampung perajin gitar yang sering dihidangkan saat momen-momen tertentu. Seperti menjamu tamu atau agenda kegiatan pariwisata dan ekonomi kreatif.

Sega guwakan terdiri atas nasi uduk, suwiran ayam, sambal kelapa yang dicampur tempe, gereh petek, telur ayam, dan ditaburi kedelai hitam yang digoreng. Biasanya, sega guwakan disajikan menggunakan takir dari daun pisang.

Banyak dari beberapa kalangan mengatakan bahwa makanan khas sukoharjo ini tidak mengalami perbedaan cita rasa lezat dari dulu hingga sekarang.

Nah, dari beberapa makanan khas sukoharjo ini yang sangat menarik yang mana nih?

Jangan lupa mencicipi semua makanan khas sukoharjo ini yaa.

Selamat mencoba!

Penulis : Dina Puspita Sari

Mahasiswa D-3 Perpustakaan Universitas Sebelas Maret

Editor : Info-kita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *