Pendakian Gunung Andong Via Dusun Sawit

      Tak ada komentar pada Pendakian Gunung Andong Via Dusun Sawit

Gunung Andong terletak di Desa Girirejo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang yang berdampingan dengan Gunung Telomoyo memiliki ketinggian 1.726 mdpl. Gunung andong memiliki suhu rata-rata 16° C. Terkenal dengan trek pendakian yang ramah dan tidak terlalu berat untuk pendaki pemula serta menyajikan pemandangan alam yang indah.

Jalur pendakian Gunung Andong terbagi menjadi 3 yaitu :

  1. Pendakian via Dusun Sawit
  2. Pendakian via Dusun Gogik
  3. Pendakian via Dusun Pendem

Rute untuk menuju jalur pendakian via Dusun Sawit yaitu Salatiga dilanjutkan ke Kopeng, lalu ke Pasar Ngablak dan kemudian ke Dusun Sawit.

Baca Juga : Pendakian Gunung Lawu Via Cetho

Peta Pendakian Gunung Andong via Sawit

Basecamp – Pos 1.

Pendakian diawali dari basecamp menuju ke ladang penduduk hingga menemui gapura pendakian. Dari gapura ini dapat dilihat Gunung Andong di sisi kiri. Jalur yang akan dijalani tidak terlalu terjal namun akan menanjak terus hingga ke pos 1 dengan jalan berupa tanah padat dan terdapat tangga yang telah dibentuk untuk memudahkan para pendaki. Pos 1 berupa gubuk kayu yang berada pada tanah datar. Di tempat ini sangat cocok untuk istirahat.

Pos 1 – Pos 2.

Setelah sampai di Pos 1 berupa gubuk, tak jauh dari pos ini akan ditemui sebuah gubuk lagi inilah pos 2. Setelah pos 2, jalur akan mulai berkelok dan menanjak yang dipenuhi pohon – pohon pinus. Di jalur ini akan ditemui sumber air yang membasahi jalur pendakian. Kemudian dilanjutkan dengan memutari punggung bukit hingga terlihat puncak makam.

Makam ki Joko Pekik

Makam tersebut adalah makam dari Kyai Abdul Faqih atau yang dikenal dengan Ki Joko Pekik, seorang tokoh penyebar agama bagi warga setempat yang sangat dihormati. Dan sampai saat ini masih diadakan ritual Perti Dusun rutin sebagai budaya setempat untuk ucapan syukur kepada Sang Pencipta

Terdapat jalan yang membelah yaitu jalan menuju puncak makam di jalur sebelah kiri dan puncak jiwa berada di jalur sebelah kanan.

Puncak Jiwa – Puncak Andong.

Puncak andong

Puncak jiwa merupakan camping ground dari Gunung Andong yang dapat digunakan untuk banyak tenda. Di Puncak Jiwa ini terdapat warung. Puncak Andong tidak jauh dari Juncak Jiwa. Dari Puncak Jiwa ini, kamu bisa menikmati pemandangan Gunung Ungaran, Merbabu, Sindoro, Sumbing dan terkadang terlihat pula Gunung Selamet. Selain itu juga bisa dilihat pemandangan kawasan perkotaan.

Spot poto di andong

Di puncak terdapat Jembatan Setan yang memisahkan Puncak Alap – Alap dengan puncak Gunung Andong. Jembatan Setan ini sering dijadikan spot foto oleh sebagian pendaki karena memperlihatkan jalan yang indah untuk dijadikan background foto. Area ini juga disebut sebagai punuk sapi oleh sebagian pendaki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *