TIPS – TIPS BANGUN PAGI YANG MENYEGARKAN

      1 Komentar pada TIPS – TIPS BANGUN PAGI YANG MENYEGARKAN

Haii guyss!!! Disini aku akan kasih kalian tips nih, supaya bisa bangun pagi dan nggak pernah terlambat untuk pergi sekolah, kuliah, dan bekerja. Diantara kalian pasti ingin bangun pagi tapi susahkan hayoo ngakuu?

Hal yang paling sulit itu bangun pagi jika kita tidak terbiasa akan menjadi malas namun, kita juga harus mulai terbiasa karena aktivitas apapun itu di awali di pagi hari. Aktivitas pagi hari yang mengharuskan kalian bangun pagi misalnya sekolah, kuliah, dan bekerja. Bangun pagi sebenarnya tidak ada kompromi karena selain berguna untuk kesehatan tubuh, memperpanjang usia seorang manusia, dan menghindari kebiasaan buruk dari sifat malas-malasan. Sehingga kalian memiliki banyak waktu yang berguna dapat kalian manfaatkan dengan baik.

Nah, kalian sudah pada tahukan tentang manfaat yang akan kalian dapatkan dari bangun pagi,

Berikut Tips Agar Tidak Malas Bangun Pagi :

  1. Mengurangi begadang
begadang

Mengurangi begadang seperti mengerjakan sesuatu yang tidak penting, misalnya chattingan, stalking mantan, ngobrol, main game dll. Begadang sangat berefek negatif karena dapat meningkatkan resiko terjadinya gangguan mental, depresi, dan gangguan cemas terutama untuk kesehatan tubuh. Sebaiknya kalian mempersiapkan energi dan tubuh kalian untuk hari esok, agar dapat bersemangat untuk bangun pagi.

  1. Mempersiapkan kebutuhan untuk esok hari

Membiasakan diri untuk mempersiapkan apa yang akan dibawa dan dikerjakan besok ternyata sangat efektif untuk membantu kalian tidak malas bangun pagi loh. Kebiasaan ini biasanya diajarkan oleh orang tua sejak anak menginjak usia sekolah. Kebiasaan ini efektif mengurangi rasa malas bangun pagi kalian karena segala kebutuhan yang kalian siapkan untuk esok hari membuat pikiran kalian menjadi tenang dan ringan, sehingga tidak ada beban yang kalian pikirkan ketika ingin bangun pagi. Kalian jadi lebih bersemangat bangun pagi karena sudah siap menghadapi segala aktivitasnya.

  1. Memastikan waktu tidur yang baik

Terkadang orang tidak sadar mengenai berapa jam dia tidur, nah disini kalian wajib mengatur dan mengetahuinya yaa, karena ini menjadi salah satu penyebab terbesar alasan kenapa kalian malas bangun pagi. Pastikan jam tidur kalian antara 6-8 jam sehari (untuk orang dewasa). Jika kalian sudah mengetahui dan mengaturnya dengan baik, maka secara otomatis tubuh kalian akan sangat siap untuk menjalani hari esok yaa. Jika kalian tidur kurang dari 6-8 jam per hari, tubuh kalian memang sudah pasti akan merasa sangat berat, loyo, dan malas karena tubuh kalian tidak memiliki waktu istirahat yang cukup. Mulailah belajar mengatur waktu tidur yaa.

  1. Jauhkan alat elektronik (telepon genggam, laptop, tablet, dll)

Kalian juga perlu menjaga kenyamanan dan nyenyak saat tidur. Disarankan untuk menjauhkan alat-alat elektronik dari tubuh kalian ketika kalian sedang tidur karena dapat menyebabkan radiasi. Dering telepon dan notifikasi chat juga akan membuat kalian ingin segera menjawab dan membacanya karena keingintahuan, padahal itu tidaklah penting untuk diketahui dan dijawab saat ini juga. Padahal masih ada hari esok yang menanti untuk diselesaikan. Karena itu, aturlah sendiri keniatan kalian untuk dapat bangun pagi yaa, mulai dari hal-hal kecil seperti ini agar kalian dapat tidur dengan nyenyak dan berkualitas.

  1. Pasang dan Taruhlah alarm agak jauh tapi dapat dijangkau

Memasang alarm merupakan salah satu cara jitu untuk membiasakan diri dan memberikan waktu kepada tubuh untuk beradaptasi. Cara ini juga kalian tidak akan merasa malas bangun pagi lagi karena telah memiliki waktu yang cukup untuk bersantai sejenak setelah terbangun dari tidur dan mulai memikirkan apa yang hendak dilakukan hari ini dan pagi ini. Dan jika kalian masih suka menekan tombol snooze atau tunda pada alarm yang kalian pasang, itu tandanya bahwa kalian malas bangun pagi. Maka dari itu caranya adalah dengan menjauhkan alarm dari tempat tidur kalian. Dengan alarm yang jaraknya berada jauh dari kalian, mau tidak mau kalian harus mematikannya dengan cara bangun dari tempat tidur dan mendekat kearah alarm jika ingin alarm tersebut tidak berbunyi lagi. Tapi untuk menjauhkan alarm jangan sampai terlampau jauh yaa, malah nanti kalian tidak mendengar suara alarm tersebut. Nah, cara ini mungkin dapat kalian gunakan agar tidak malas bangun pagi yaa.

  1. Minum segelas air putih

Ketika kalian sudah berhasil bangun pagi, sangat dianjurkan untuk segera meminum segelas air putih. Selain berpengaruh baik untuk kesehatan, hal ini ternyata juga efektif untuk membuat kalian tetap terjaga dan terhindar dari rasa malas. Dengan cara ini kalian akan lebih bersemangat dan tidak akan lagi bermalas untuk bangun karena kalian sudah berhasil mengalahkan rasa malas kalian.

  1. Segeralah Mandi

Jika kalian sudah berhasil bangun pagi namun masih tertarik untuk bermalas-malasan di tempat tidur, maka hal ini lah yang harus kalian kalahkan. Mengalahkan kemalasan diri sendiri memang sangat sulit, namun jika kalian memaksa untuk melakukannya dan membiasakannya, maka lama kelamaan tidak akan berat atau sulit lagi untuk dilakukan. Salah satu yang dapat mengatasi kemalasan dan ketertarikan untuk kembali tidur lagi dengan mandi pagi karena ini sangat efektif untuk mengalahkan rasa malas kalian. Kalian akan merasa lebih segar dan bersemangat di pagi hari untuk melakukan segala aktivitas harian kalian.

Nah, jika kalian memang benar – benar menginginkan untuk bisa bangun pagi dan tidak bermalas – malasan. Maka kalian dapat mengikuti tips – tips bangun pagi ini yaa, karena tips tersebut sudah banyak yang membuktikannya. Aku berharap kalian cepat bisa mengatasi kemalasan bangun pagi dengan segera yaa guyss.

Penulis : Dina Puspita Sari

Mahasiswa D-3 Perpustakaan Universitas Sebelas Maret.

1 comment on “TIPS – TIPS BANGUN PAGI YANG MENYEGARKAN

  1. Pingback: 14 Cara Ampuh Menghindari Stres yang Berlebihan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *